Tugas 3 Sistem Informasi - Sebuah Model Manajemen Hubungan dengan Pelanggan dan Sistem Kecerdasan Perusahaan untuk Pedagang Ritel Katalog dan Daring

Saat sebagian besar pedagang ritel berubah menjadi perusahaan berpusat kepada pelanggan dan berbasis segmen, sistem kecerdasan perusahaan/business intelligence (BI) dan manajemen hubungan dengan pelanggan/customer relationship management (CRM) berperan penting dalam mencapai dan mempertahankan keunggulan bersaing. Saat perusahaan pertama Fingerhut memuncak pada tahun 1998, sebanyak 200 analis dan 40 ahli statistik mengolah database untuk gagasan yang membantu memprediksi pola belanja dan perilaku kredit pelanggan. Penambangan data dan BI membantu Fingerhut melihat pola belanja, membawa tawaran produk kepada pelanggan yang tepat, dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Pada tahun 1998, Fingerhut adalah pedagang ritel katalog terbesar kedua di AS dengan pendapatan mendekati $2 miliar. Namun, setelah Federated mendapat Fingerhut pada tahun 1999 dan menjadikannya anak perusahaan, Fingerhut Net, perusahaan tersebut mengalami kerugian besar dan akhirnya dilikuidasi. Akhirnya, sebuah perusahaan baru, Fingerhut Direct Marketing, dibangun kembali pada tahun 2002 di bawah tim manajemen baru, dan menjadi sukses kembali. Fingerhut kembali berhasil setelah menggunakan kembali kebijakan untuk mengunci pelanggan dengan sistem kredit ujung tertutup, menggunakan BI untuk menyesuaikan kemampuan pelanggan dalam membeli, dan menggunakan CRM untuk mengurus akun bermasalah.

Sumber Jurnal: A model of customer relationship management and business intelligence systems for catalogue and online retailershttps://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0378720609000986

Comments