Tugas 3 Sistem Informasi - Sebuah Model Manajemen Hubungan dengan Pelanggan dan Sistem Kecerdasan Perusahaan untuk Pedagang Ritel Katalog dan Daring
Saat sebagian besar pedagang ritel berubah menjadi perusahaan berpusat
kepada pelanggan dan berbasis segmen, sistem kecerdasan perusahaan/business intelligence (BI) dan manajemen
hubungan dengan pelanggan/customer
relationship management (CRM) berperan penting dalam mencapai dan
mempertahankan keunggulan bersaing. Saat perusahaan pertama Fingerhut memuncak pada tahun 1998, sebanyak 200 analis dan 40 ahli
statistik mengolah database untuk
gagasan yang membantu memprediksi pola belanja dan perilaku kredit pelanggan. Penambangan
data dan BI membantu Fingerhut melihat
pola belanja, membawa tawaran produk kepada pelanggan yang tepat, dan menjaga hubungan
dengan pelanggan. Pada tahun 1998, Fingerhut
adalah pedagang ritel katalog terbesar kedua di AS dengan pendapatan mendekati
$2 miliar. Namun, setelah Federated mendapat
Fingerhut pada tahun 1999 dan
menjadikannya anak perusahaan, Fingerhut
Net, perusahaan tersebut mengalami kerugian besar dan akhirnya dilikuidasi.
Akhirnya, sebuah perusahaan baru, Fingerhut
Direct Marketing, dibangun kembali pada tahun 2002 di bawah tim manajemen
baru, dan menjadi sukses kembali. Fingerhut kembali berhasil setelah menggunakan kembali kebijakan untuk mengunci pelanggan dengan sistem kredit ujung tertutup, menggunakan BI untuk menyesuaikan kemampuan pelanggan dalam membeli, dan menggunakan CRM untuk mengurus akun bermasalah.
Sumber Jurnal: A model of customer relationship management and business intelligence systems for catalogue and online retailers. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0378720609000986
Comments
Post a Comment