Tugas 2 Sistem Informasi - Keunggulan Relatif dan Tekanan Persaingan terhadap Penerapan Perdagangan Secara Elektronik: Gambaran dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Pembelajaran akan UKM dan Perdagangan secara elektronik (E-Commerce) mendapat banyak perhatian dari akademisi dan praktisi karena UKM berperan penting dalam menghasilkan penghasilan negara dalam jumlah yang besar pada saat ini. Sehingga, kontribusi UKM kepada perkembangan ekonomi, walaupun sumber dayanya langka, membutuhkan pembelajaran yang intens dan gigih untuk menguji faktor-faktor yang akan mempengaruhi penerapan perdagangan secara elektronik di dalam UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor utama penerapan perdagangan secara elektronik di dalam UKM di Malaysia bagian Utara yang mencakup Perlis, Kedah, Penang dan Perak bagian Utara. Faktor-faktor utama seperti keunggulan relatif dan tekanan persaingan secara spesifik dilaksanakan dalam penelitian ini. Untuk selanjutnya, penelitian ini dilaksanakan berdasarkan desain survei dan investigasi penelitian deskriptif. Kurang lebih 350 kuesioner didistribusikan kepada para CEO atau manajer yang berasal dari sektor-sektor berbeda namun hanya 167 kuesioner yang didapat kembali. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis frekuensi, analisis keandalan, analisis deskriptif, analisis korelasi dan juga analisis regresi majemuk. Hasil penelitiannya adalah bahwa terdapat hubungan antara baik keunggulan relatif maupun tekanan persaingan terhadap penerapan perdagangan secara elektronik di UKM Malaysia bagian Utara.

Sumber Jurnal: Relative Advantage and Competitive Pressure towards Implementation of E-commerce: Overview of Small and Medium Enterprises (SMEs)https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S221256711600054X

Comments