Tugas 5 Sistem Informasi - Sebuah Kerangka Berpikir Manajemen Pengetahuan Empiris untuk Komunitas Virtual Profesional dalam Industri Jasa Padat Pengetahuan

Dengan berlanjutnya pertumbuhan dari ekonomi pengetahuan berorientasi-jasa, industri jasa padat pengetahuan/knowledge-intensive service industries (KISI) sekarang ini sudah menjadi tren untuk pengembangan industri. Sehingga, manajemen pengetahuan yang efektif harus dicapai untuk mengakumulasi aset pengetahuan perusahaan dan meningkatkan efisiensi dari KISI dengan cepat. Sebuah komunitas virtual profesional adalah sebuah pijakan interaktif yang memampukan ahli perusahaan untuk berdiskusi akan pengetahuan empiris dalam KISI. Namun, pengetahuan empiris yang tidak berguna dalam jumlah tinggi biasanya dihasilkan dalam diskusi para ahli. Sehingga, mengatur dan berbagi isi berguna dari diskusi pengetahuan menjadi isu penting untuk manajemen pengetahuan empiris dalam komunitas virtual profesional. Penelitian ini menyajikan pendekatan sistematis untuk mengembangkan sebuah kerangka berpikir untuk mengatur pengetahuan empiris demi mendukung sebuah komunitas virtual profesional dalam KISI. Fase-fasenya adalah: (i) mengusulkan sebuah model, (ii) mendesain sebuah kerangka berpikir sistem, dan (iii) menerapkan sebuah prototipe sistem. Hasil penelitian memfasilitasi usaha dalam komunitas virtual profesional untuk menggali, memastikan, menyimpan, dan membagikan pengetahuan empiris untuk membantu KISI dalam meningkatkan kemampuan inovasi jasa dan membuat layanan terbaik untuk pelanggan.

Sumber Jurnal: An empirical knowledge management framework for professional virtual community in knowledge-intensive service industrieshttps://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0957417412008044

Comments